Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Putri

Gunung Gede Pangrango Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu kawasan hutan lindung di Jawa Barat yang lumayan terkenal ...

Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu kawasan hutan lindung di Jawa Barat yang lumayan terkenal di kalangan para pendaki gunung. Dua gunung yang saling bersebrangan ini memang menjadi primadona tersendiri bagi para pendaki gunung, salah satu alasannya adalah keberadaan alun-alun Surya Kencana yang menjadi spot foto terbaik untuk menikmati edelweiss.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Berada di wilayah Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki tiga jalur yang dapat dijadikan sebagai pintu masuk pendakian: yakni Jalur Cibodas Cianjur, Jalur Gunung Putri di Cipanas Cianjur dan Jalur Selabintana di Sukabumi.

Peraturan yang diterapkan tergolong ketat, sebelum Kalian melakukan pendakian di sana, Kalian harus melakukan booking online terlebih dahulu, satu bulan sampai 3 hari sebelum tanggal pendakian. Jumlah pendaki pun dibatasi, hanya 600 pendaki pada setiap malamnya, 100 pendaki melalui jalur Selabintana, 200 pendaki lewat jalur Gunung Putri dan 300 di jalur Cibodas. Ditambah, setiap tahunnya, dari bulan Desember sampai bulan Maret, jalur pendakian gunung Gede Pangrango selalu ditutup.

Nah, bila kalian sedang mengidam mendaki gunung Gede atau gunung Pangrango lewat jalur Putri, maka artikel ini sangat tepat untuk kalian. Sebab, dalam artikel ini kalian akan mengetahui info jalur pendakian gunung Gede Pangrango, lengkap sampai tuntas, khususnya lewat jalur pendakian Putri.

Rute Menuju Basecamp Gunung Putri

Basecamp Gunung Putri berada di dekat basecamp Cibodas. Dia terletak di antara pasar Cipanas dan istana Cipanas. Seandainya kalian datang dari Jakarta, maka kalian bisa menggunakan bis jurusan Cianjur atau Bandung, kemudian turun di pasar, sekaligus terminal Cipanas. Lalu naiklah angkot menuju Gunung Putri.

Saya ingatkan, sebelum melakukan pendakian di gunung Pangrango, kalian harus membooking tiket masuk terlebih dahulu, secara online, dalam tenggang waktu 3 hari sampai 1 bulan sebelum tanggal pendakian. Kalian bisa membookingnya di sini.

Jalur Pendakian Gunung Pangrango Via Gunung Putri

Basecamp Gunung Putri sendiri berada pada ketinggian 1.450 mdpl. Jalur ini dikenal lebih terjal dibanding dengan jalur Cibodas, namun kalian akan menghemat waktu, jarak tempuhnya lebih sebentar, ditambah kalian bisa mengunjungi Alun-Alun Surya Kencana terlebih dahulu sebelum sampai di puncak gunung Gede dan Pangrango.

Sebelum melakukan pendakian, di basecamp, kalian akan diperiksa oleh petugas, apakah kalain membawa barang-barang terlarang, termasuk odol, sampo, sabun dll, atau tidak. Bila kedapatan membawanya, kalian harus menyerahkannya kepada petugas.

Begitupun saat hendak keluar dari taman nasional, kalian diperiksa lagi, wajib memperlihatkan sampah bekas pendakian rombonganmu. Bila kedapatan tidak membawa turun sampah. Hukumannya?, kalian harus naik lagi membawa sampah yang ditinggalkan. Berat juga, kan?. Peraturan tersebut dibuat untuk membiasakan para pendaki agar selalu membawa turun sampahnya.

Perjalanan awal berangkat dari basecamp sampai pos pertama yaitu Legok Leunca (artinya=selamat datang) memakan waktu 1 jam perjalanan. Trek awal didominasi oleh perkebunan dan sawah-sawah, jalan masih datar agak menanjak. Dari perjalanan awal pendakian ini akan nampak Gunung Putri dari kejauhan.

Pos Legok Leunca – Buntut Lutung (1 jam 30 menit)

Selanjutnya menuju pos Buntut Lutung memakan waktu 1,5 jam. Tidak seperti jalur Cibodas yang kaya akan sumber air di setiap perjalanannya. Di jalur Gunung Putri jarang ditemui sumber air. Perjalanan menuju pos Buntut Lutung semakin berat.

Pos Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1 jam 30 menit)

Dilanjutkan menuju pos Lawang Sekateng, di jalur ini bisa dibilang jalur paling berat selama perjalanan mendaki gunung Gede Pangrango via jalur Gunung Putri. Trek yang terus menanjak dan tanpa bidang datar sekalipun. Dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat.

Lawang Sekateng – Simpang Maleber (1 jam 30 menit)

Selanjutnya perjalanan masih juga berat. Trek menanjak dan kanan-kiri pepohohan rimbun khas Jawa Barat. Menuju pos Simpang Maleber membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam.

Pos Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1 jam)

Dari Pos Simpang Maleber sejam kemudian kita akan bertemu dengan surganya Gunung Gede Pangrango yaitu Alun-Alun Surya Kencana. Nah, di sinilah semua rasa lelah dan letih para pendaki akan terbayar lunas.

Alun-Alun Surya Kencana adalah lahan yang luas dan di tengahnya mengalir aliran sungai kecil dari puncak gunung Gede. Di sekitarnya ditumbuhi Bunga Edelweiss, dan rerumputan sepanjang mata memandang. Di tempat inilah favorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Untuk besok dini hari-nya summit attas mendaki puncak.

Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)

Dari alun-alun bisa dicapai dalam 30 menit sampai 45 menit kita menuju puncak gunung Gede dengan melewati jalanan terjal berbatu dan ditumbuhi Edelweis di pinggiran track. Bila cuaca sedang cerah, di puncak gunung Gede, kita bisa menyaksikan pemandangan indah berupa kawah gunung Gede, puncak Pangrango dan Surya Kencana dari atas.

Berminat mendaki Gunung Gede?

Demikian informasi jalur pendakian gunung Gede Pangrango lewat jalur Putri yang bisa disampaikan.


Terima Kasih Salam Lestari

#tapaktilasadventure

COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Putri
Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Putri
https://1.bp.blogspot.com/-lFFT7LxpDLk/XfICaXhvVZI/AAAAAAAAAds/kstRBbBoeQIJYz_WVg_ik0_z9Uz8uBamwCLcBGAsYHQ/s640/gede_pangrango_dari_udara_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lFFT7LxpDLk/XfICaXhvVZI/AAAAAAAAAds/kstRBbBoeQIJYz_WVg_ik0_z9Uz8uBamwCLcBGAsYHQ/s72-c/gede_pangrango_dari_udara_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/jalur-gunung-gede-pangrango-via-putri.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/jalur-gunung-gede-pangrango-via-putri.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy