Jenis-jenis Jaket Gunung yang Perlu Kalian Ketahui

Jaket Gunung Mendaki Gunung merupakan kegiatan olahraga outdoor yang membutuhkan tenaga ekstra karena tubuh kita senantiasa bergerak. P...

Jaket Gunung
Jaket Gunung
Mendaki Gunung merupakan kegiatan olahraga outdoor yang membutuhkan tenaga ekstra karena tubuh kita senantiasa bergerak. Perlu kalian ingat bahwa jaket gunung yang baik harus mempunyai sifat breathable agar kulit tetap dapat bernafas dan keringat terevaporasi keluar dari serat kain. Bahan yang tidak breathable akan membuat kita gerah saat dipakai karena tidak adanya pori-pori yang memungkinkan kulit kita untuk bernafas. Mirip seperti di dalam sauna, tubuh akan jadi semakin basah karena keringat tidak bisa terevaporasi keluar.

Ketika malam, temperatur-pun menurun drastis sehingga diperlukan lapisan tambahan. Belum lagi angin dan hujan yang seringkali datang tiba-tiba di tengah pendakian. Tentunya hal itu harus diantisipasi oleh seorang pendaki. Jika mampu diantisipasi, rintangan alam apapun tidak akan mengganggu jalannya pendakian.

Maka dari itu memilih jaket gunung yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai kebutuhan tentunya sangat penting untuk diperhatikan. apalagi jika melihat kondisi iklim dan cuaca di indonesia (khususnya diwilayah pegunungan).

Ada 3 jenis jaket gunung yang biasa dikenal para pendaki gunung yaitu :
  1. Tahan Air dan Anti Gerah (Waterproof & Breathable)
  2. Tahan Angin (Windproof)
  3. Hangat (Warm Up)

Jaket Waterproof (Anti Air)

Hujan serta badai atau cuaca ekstrem sejenis yang bisa saja terjadi di tiap pendakian tidak akan jadi masalah besar untuk para petualang kalau kalian mengenakan jenis jaket gunung yang tahan air atau waterproof.
Karrimor

Para pendaki gunung  versi jadul biasanya mensiasati cuaca hujan atau ekstrem sejenisnya dengan membawa jaket ponco yang anti air juga. Sayangnya, dengan membawa dua jenis jaket atau lebih akan menyusahkan kalian nantinya karena beban bertambah.

Jaket waterproof merupakan satu dari sekian banyak benda yang wajib dibawa oleh penggiat outdoor sebagai pelindung dari cuaca yang tidak bersahabat, misal hujan, dan angin (ya, jaket waterproof sudah pasti windproof, tapi jaket windproof belum tentu waterproof). Tapi, kita nggak cuman butuh jaket yang waterproof, kita juga perlu yang breathable. Kenapa? biar nggak overheat atau gerah.


Waterproof
Dalam garment (dalam hal ini adalah jaket) tidak ada yang benar-benar waterproof menahan air hujan sebanyak-banyaknya. Melainkan tetap ada batasannya, makanya kita sering lihat info sebuah jaket dengan waterproof rating misal 10.000, 15.000, 20.000 mm, dll. Lalu, apa artinya? misal tertulis 10.000 mm, berarti jaket tersebut mampu menahan 10.000 mm air per 1 inch persegi, atau kalau dikonversi ke tekanan adalah 14,2 psi, sudah cukup untuk menahan hujan ringan. (Untuk nilai pastinya, mohon maaf kita kesulitan nyari data tekanan air hujan, hehehe ). Efek waterproof ini karena adanya membran tipis berpori mikro kecil yang cukup dilewati uap air (vapour) tapi nggak cukup dilewati oleh air.


Breathable
Secara harfiah artinya mampu bernafas, ahhhh. Breathable diartikan sebagai kemampuan dalam melepaskan uap air (vapour) yang terjebak di ruang antara kulit kita dengan jaket tersebut melalui pori mikro jaket, dihitung dalam satuan gram/m²/24h. Contohnya tertulis 10.000, berarti bahan itu mampu mengeluarkan 10.000 gram uap air setiap m2 kainnya dalam jangka waktu 24 jam.

DWR (Durable Water Repelent)

DWR kemampuan daya tolak terhadap air berbeda dengan waterproof, karena cuma memberikan efek seperti air di daun talas. Fungsi utama DWR adalah mencegah jaket menjadi jenuh air sehingga menambah berat. Selain itu ada juga hubungannya dengan waterproof dan breathable, kita bahas di bawah.
  • Breathable hanya bekerja apabila ada perbedaan suhu yang cukup signifikan antara ruang di dalam jaket dengan suhu lingkungan di luar, suhu di dalam jaket harus lebih tinggi daripada suhu di luar jaket. Karna seperti yang kita ketahui bersama, vapour/uap air berpindah dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah. Lah kalau suhu sama-sama panas, misal kalian pake jaket warm up britabel buat bikers di siang bolong yang pastinya banjir keringat. Makanya beberapa jaket tetap ngasih yang namanya venting/pitzip/resleting di bawah ketiak itu ada gunanya, yaitu apabila ada situasi dimana breathable bawaan kain nggak mampu bekerja paling nggak ada pitzip yang terbuka lebar sehingga sirkulasi udara lebih lancar.

  • Breathable hanya bekerja apabila permukaan jaket itu kering, kalau basah tidak bisa napas.  Inilah gunanya DWR, agar bagian luar jaket tetap kering tidak jenuh air. Sayangnya, DWR akan hilang setelah penggunaan beberapa kali. Tenang Saja, Karena banyak merk-merk yang jual DWR spray yang bisa mengembalikan DWR di jaket kalian. Sayangnya harganya kelewat mahal, bahkan satu botolnya bisa setengah harga jaket.

Jaket Windproof (Tahan Angin)

Nah, karena namanya mirip – kadang para pemula hampir tidak bisa membedakan mana yang mesti dipakai, antara jaket gunung waterproof atau windproof. Buat jaket gunung tahan air, biasanya para petualang mengenakannya saat pendakian dan pas musim hujan.
The North Face

Tapi, kalau musim kemarau, kita kenakan jenis jaket gunung tahan angin atau windproof. Secara spek, lapisan yang ada di jaket gunung yang satu ini mirip-mirip dengan jenis jaket gunung sebelumnya. Namun, perbedaanya adalah lapisannya lebih licin.

Jaket gunung ini juga cocok buat aktivitas harian. Semisal untuk latihan lari, bersepeda, atau juga touring pakai motor gede. Ditambah, model dari jaket gunung tahan angin ini cukup variatif.

Jaket Warm Up (Hangat)

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau musim kemarau adalah salah satu musim yang membawa udara dingin ekstrem di pendakian gunung, terlebih jika kalian sudah sampai di puncak gunungnya.

Colombia

Jaket yang satu ini memberikan rasa hangat untuk tubuh dalam pendakian gunung. Tapi, kekurangan jaket gunung yang satu ini adalah mudah basah jika terkena hujan air.

Oleh karena itu, cukup jarang para petualang dan pendaki memilih jenis jaket gunung yang satu ini karena kekurangannya tersebut.


Terima Kasih Salam Lestari


COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Jenis-jenis Jaket Gunung yang Perlu Kalian Ketahui
Jenis-jenis Jaket Gunung yang Perlu Kalian Ketahui
https://1.bp.blogspot.com/-R317E7yhx2k/XfIBh6Ee4QI/AAAAAAAAAdE/SeBaQj5QXeMASMLxLmTTrpOJy647BPFTwCLcBGAsYHQ/s640/Untitled-1_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R317E7yhx2k/XfIBh6Ee4QI/AAAAAAAAAdE/SeBaQj5QXeMASMLxLmTTrpOJy647BPFTwCLcBGAsYHQ/s72-c/Untitled-1_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/jenis-jaket-gunung.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/jenis-jaket-gunung.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy