Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing Membara Wonosobo Jawa Tengah

Gunung Sumbing Kebakaran hutan kembali menghanguskan Gunung Sumbing. Hari ini terjadi di lereng selaran di area hutan gunung sumbing Pe...

Gunung Sumbing
Kebakaran hutan kembali menghanguskan Gunung Sumbing. Hari ini terjadi di lereng selaran di area hutan gunung sumbing Petak 28-E dan 29-1 dalam wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wonosobo.

Asisten Perhutani BKPH Wonosobo Supriyono di Wonosobo, Selasa (13/8/2019) mengatakan, pagi tadi muncul titik api di perbatasan hutan antara Magelang dan Wonosobo.

"Muncul titik api lagi di sebelah timur, perbatasan hutan Magelang," katanya dikutip Antara. 

"Hutan di wilayah Wonosobo saat ini terpantau padam, tidak ada titik api," ia menambahkan.

Anggota Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Sabarno mengatakan, berdasarkan pemantauan dari perbatasan Wonosobo-Magelang di Desa Pulosaren, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, kebakaran hutan Gunung Sumbing terlihat sangat besar.

Ia mengatakan, area yang terpantau terbakar saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang.

Kebakaran lahan di gunung Sumbing meluas hingga wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dari sebelumnya titik api terpantau di wilayah Desa Banyumudal, Kabupaten Wonosobo, sejak Minggu (11/8/2019). Perum Perhutani mencatat, luasan kebakaran mencapai 38,80 hektar di petak 2A-7 RPH Mangli BKPH Magelang, KPH Kedu Utara, masuk Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. 

"Kebakaran (yang merembet ke wilayah Kabupaten Magelang), diketahui pukul 03.00 WIB, Selasa (13/8/2019)," jelas Wakil Administratur KPH Kedu Utara, Bagas Avianto, Selasa (13/8/2019) sore. Pihaknya menduga api mudah merembet karena tertiup angin, sementara vegetasi berupa rumput ilalang di sekitarnya dalam kondisi kering.

"Semua para pendaki sudah diturunkan pada hari Minggu (11/8) malam sampai Senin (12/8) pagi. Jadi setelah mengetahui ada kebaran di Gunung Sumbing, pihak pengelola basecamp menjemput pendaki untuk turun," kata Iwan Fauzi, pengelola base camp pendakian Gunung Sumbing jalur Garung, Wonosobo.

Penjemputan pendaki Gunung Sumbing juga dilakukan di jalur-jalur lainnya. Sampai saat ini, pendakian Gunung Sumbing ditutup sementara akibat terjadinya kebakaran.

"Tidak ada aktivitas pendakian di Gunung Sumbing sejak tanggal 11 Agustus 2019. Karena untuk sementara, pendakian ditutup untuk umum," jelasnya.

Penutupan jalur pendakian ini dilakukan untuk keselamatan para pendaki. Adapun batas waktunya, pihak pengelola basecamp masih menunggu perkembangan lereng Gunung Sumbing setelah terjadi kebakaran.

"Dibukanya lagi kapan, kami masih menunggu perkembangan lereng gunung yang terbakar. Jadi untuk kepastiannya dibuka lagi kapan masih belum diketahui," ujarnya.

Sebanyak 116 personel gabungan dari dari TNI Polri, Perhutani, dan relawan, terus berusaha memadamkan api yang kini merambat ke hutan lindung Gunung Sumbing, yang masuk wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Karena terbukti, hingga hari Rabu (14/8), api belum juga padam. Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto mengatakan di lokasi Basecamp Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, bahwa mereka melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Untuk pemadaman, lanjut Eko, tim dibagi atas tiga tim. Tim pertama berangkat dari Basecamp Adipuro sebanyak 54 personel, dari Basecamp Butuh sebanyak 39 orang, dan dari Basecamp Banaran sebanyak 17 orang.

"Itu dilakukan karena areal hutan yang terbakar cukup luas. Ada sekitar 38,8 hektare, yang merupakan padang savana fungsi hutan lindung. Tepatnya di area hutan petak Mangli Kedu Utara, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang," ungkap Eko.

Selain karena peralatan yang minim, angin kencang membawa api ke arah savana yang penuh vegetasi rumput kering di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, dengan luasan mencapai 5 hektare.

Alhsil, kebakaran hutan dan lahan belum bisa dipadamkan akibat kencangnya angin, tidak ada sumber air, minim alat dan sulitnya medan. Luas area yang terbakar diperkirakan masih akan bertambah mengingat hingga kini kebakaran masih berlangsung.

Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS), Lilik Setyawan, yang juga Pengelola Basecamp Butuh, Kaliangkrik, menambahkan, jika lokasi kebakaran masih berada di hutan lindung milik Perhutani, tapi beruntung masih jauh dari lokasi pemukiman dan lahan pertanian.

Terima Kasih Salam Lestari

COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing Membara Wonosobo Jawa Tengah
Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing Membara Wonosobo Jawa Tengah
https://1.bp.blogspot.com/-RU0nn_h6z_Y/XfIEOTbD2kI/AAAAAAAAAec/RTsI_YxNwrAE0qosGDKwtzFI8-H91m2kQCLcBGAsYHQ/s640/1537262336_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RU0nn_h6z_Y/XfIEOTbD2kI/AAAAAAAAAec/RTsI_YxNwrAE0qosGDKwtzFI8-H91m2kQCLcBGAsYHQ/s72-c/1537262336_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/kebakaran-gunung-sumbing.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/kebakaran-gunung-sumbing.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy