Apakah Kalian Sudah Pada Tau Perbedan Open Trip dan Share Cost ?

Open Trip dan Share Cost Tahukah kalian perihal Open Trip dan Share Cost ?, di grup-grup traveling banyak sekali tawaran trip dengan ...

Open Trip dan Share Cost
Tahukah kalian perihal Open Trip dan Share Cost ?, di grup-grup traveling banyak sekali tawaran trip dengan 2 model trip tersebut. Nah, ada baiknya sebelum memulai perjalanan, masing-masing tahu binatang apa sih dua hal tersebut? Memahami Share Cost dan Open Trip supaya lebih tahu tentang detail perjalanan yang dilakukan.

Dua istilah ini merebak tiga – empat tahun belakangan, di era mimin mulai menekuni dunia perjalanan lewat Backpacking masih sepi istilah tersebut. Di era-era 2005-2008, Backpacker berprinsip Do It Yourself, semua dilakukan sendiri, jarang sekali yang menggunakan bantuan orang lain, semua diatur sendiri. Ya, era di mana Backpacker belum dibenturkan dengan Turis dan menjadi perdebatan tiada akhir.

Jadi Apa Sih Open Trip dan Share Cost itu?

Open Trip

Dalam sistem open trip, peserta tinggal setor uang kepada satu orang atau EO dan setelah itu trip bisa diselenggarakan.

Prinsip Open Trip bisa menggunakan kuota dan pre-order, jika kuota terpenuhi trip bisa dilaksanakan, jika tidak bisa dibatalkan sesuai ketentuan. Dalam Open Trip, penyelenggara pastilah mengambil keuntungan dari trip tersebut, imbalannya peserta trip tak perlu repot-repot karena semuanya sudah diurus oleh EO atau penyelenggara trip.

Share Cost

Jika ada trip barengan dan para pesertanya membagi pengeluaran sama besar, itulah yang sekarang dinamakan Share Cost. Prinsipnya adalah biaya-biaya dan pengeluaran yang telah disepakati dibagi rata ke semua peserta trip. Biaya tersebut bisa seluruh biaya yang dibutuhkan, bisa juga hanya item tertentu yang disepakati saja. Seluruh biaya yang dibagi rata adalah biaya aktual saat trip.

Praktek Share Cost bisa bervariasi, seperti saat mimin ke Gunung Prau jawa tengah, mimin membagi biaya transpostasi, logistik kelompok dan simaksi bersama travelmate. Untuk biaya lainnya mimin bayar sendiri-sendiri. Jadi hanya biaya transpotasi, logistik kelompok dan simaksi saja yang di-share dengan travelmate. Sementara biaya makan bayar sendiri-sendiri.

Model share cost juga bisa seperti ini, dalam satu trip ada yang menyediakan mobil, orang lain membayar bensin dan tol-nya, sementara anggota trip lainnya menyiapkan logistik. Dengan demikian sesungguhnya share cost tidak tergantung pada nominal, tapi tergantung kesepekatan atas apa yang diberikan.

Praktik Share Cost yang paling mudah adalah dengan melakukan breakdown pada seluruh pengeluaran dan dibagi ke seluruh peserta trip. Semua tergantung kesepekatan antar peserta trip itu sendiri. Yang paling pokok dari Share Cost yaitu semangat untuk sharing, artinya tidak ada laba yang diambil dalam sistem share cost. Semua dibagi sama banyak untuk seluruh item pengeluaran. Dalam hal repot-repotan, dalam seluruh peserta trip juga ikut repot menyiapkan trip.

Bisa juga dalam share cost satu orang menjadi koordinator. Hal ini dilakukan bila trip membutuhkan persiapan panjang, satu orang inilah yang akan menguruskan beberapa urusan seperti transportasi atau akomodasi. Nah jika ada model demikian maka tak apalah diberikan uang tanda lelah, walaupun memang prinsipnya tanpa keuntungan.

Jadi Pilih Mana Guys ?

Soal pilih mana antara Share Cost dan Open Trip sebenarnya dikembalikan kepada peserta sendiri. Mimin pernah menjalani dua-duanya, Share Cost maupun Open Trip. Walaupun memang untuk Mimin, yang paling nyaman untuk diri sendiri adalah Open Trip jika tak ingin repot-repot karena sudah diurus oleh EO atau penyelenggara trip.

Tapi mimin boleh bilang, sesuaikan budget, buat mimin itu yang paling penting sebelum memutuskan melakukan trip. Jika budget melimpah, ambil saja open trip, tinggal bayar dan menikmati trip. Tapi kalau ingin sedikit sisi adventure, lakukan Share Cost, dengan demikian setidaknya akan merasakan pengalaman bagaimana mengatur segala sesuatunya di perjalanan.

Jadi mana yang lebih cocok dengan gaya berjalan kalian ? Kalau backpacker, tentunya lebih cocok dengan share cost, masih independen, masih mengatur tripnya sendiri, masih bisa menekan pengeluaran sehemat mungkin.

Lantas bagaimana dengan Open Trip ? Gaya ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki budget sedikit berlebih dan tak mau repot-repot mengurus perjalanan. Mungkin lebih cocok diterapkan untuk para flashpacker.

Menentukan hendak memilih Share Cost ataupun Open Trip sebenarnya tidak ada kaitannya dengan gaya perjalanan karena itu preferensi masing-masing. Setidaknya dengan mengenal karakter dua jenis trip maka jadi bisa menentukan seperti apa perjalanan yang ingin dilakukan.

Intinya sih mimin menyampaikan, jadilah pejalan yang cerdas. Pertimbangkan baik-baik seluruh aspek ketika akan melakukan perjalanan. Apakah budget cukup? Apakah ingin kenyamanan? Apakah EO atau Trip Operator-nya bisa dipercaya? Dan sebagainya.

Tak ada yang lebih baik daripada Open Trip atau Share Cost, semua tergantung budget. Dan jangan lantas percaya pada setiap tawaran trip, simak kembali jejak trip operator. Atau jika memang ingin merasakan petualangan yang sesungguhnya, ya lakukan sendirian, independen.

Demikian Perbedan Open Trip dan Share Cost. Semoga informasi di atas membantu kalian yang masih bingung menentukan Open Trip atau Share Cost.


Terima Kasih Salam Lestari

COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Apakah Kalian Sudah Pada Tau Perbedan Open Trip dan Share Cost ?
Apakah Kalian Sudah Pada Tau Perbedan Open Trip dan Share Cost ?
https://1.bp.blogspot.com/-ADiPJ7Imb2Y/XfIFTyYbbyI/AAAAAAAAAfQ/nPOjAsNNQHAC7Xr4xJ3KvX4s37mzzICtACLcBGAsYHQ/s640/norway-772991_1280_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ADiPJ7Imb2Y/XfIFTyYbbyI/AAAAAAAAAfQ/nPOjAsNNQHAC7Xr4xJ3KvX4s37mzzICtACLcBGAsYHQ/s72-c/norway-772991_1280_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/perbedan-open-trip-dan-share-cost.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/perbedan-open-trip-dan-share-cost.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy