Waspada Gunung Selamet Status Level 2

Gunung Slamet Keadaan Gunung Slamet di Jawa Tengah dinaikkan dari Siaga menjadi Level II atau Waspada, pada Jumat, 9 Agustus 2019 mulai...

Gunung Slamet
Keadaan Gunung Slamet di Jawa Tengah dinaikkan dari Siaga menjadi Level II atau Waspada, pada Jumat, 9 Agustus 2019 mulai pukul 09.00, demikian siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

“Kekuatan erupsi dapat terjadi dalam waktu tertentu,” begitu Kepala PVMBG Kasbani dalam keterangannya.

"Jadi dianjurkan tidak ada aktivitas atau pendakian di radius 2 kilometer dari kawah karena ada potensi erupsi," kata Kasbani di Kantor PVMBG,  Bandung, Jumat, 9 Agustus 2019.

pihak pengelola langsung menutup jalur pendakian usai mendapat informasi mengenai peningkatan status Gunung Slamet dari normal menjadi waspada.

Kasbani menuturkan, potensi erupsi Gunung Slamet berupa erupsi magmatik. Namun, bisa jadi diawali dengan erupsi freatik. Kali terakhir gunung ini erupsi yaitu pada 2014 lalu.

Pihaknya mengimbau agar kelompok pendaki yang berencana untuk memperingati 17 Agustus dengan tujuan merayakan HUT ke-74 RI di atas puncak Gunung Slamet agar dibatalkan.

Kasbani menjelaskan, sejak Juni hingga saat ini aktivitas vulkanik dari gunung yang berketinggian 3.342 mdpl itu menunjukkan peningkatan. Bahkan gempa embusan dalam sehari bisa mencapai 1.000 kali.

"Kami tentunya memantau gunung ini. Pos pengamatan berjarak 8 kilometer dan peralatan relatif komplit. Rambatan energi ada 4, Tiltmeter 2 dan EDM ada 4 unit. kami memohon kepada masyarakat tetap diam jangan gelisah dan terus mengiringi informasi dari PVMBG," begitu katanya.

Evakuasi Pendaki

Selain menutup jalur dan pos pendakian, KPH Banyumas Timur juga mengirimkan tim untuk evakuasi pendaki yang sudah terlanjur mendaki. Sejak 7 Agustus 2019, tercatat 83 pengunjung telah melakukan aktivitas pendakian.

"(Yang naik) Dari Pos Bambangan ada 69 orang, dari Pos Gunung Malang 8 orang, dari Pos Baturraden ada 3 orang. Masing-masing pengelola pos sudah menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi. Informasi yang kami terima hingga pukul 13.00, baru 3 pendaki yang sudah turun via pos Bambangan," ujar Yunior Manajer Bisnis KPH Banyumas Timur, Sugito.

sejumlah rambu jalur evakuasi di beberapa titik terlihat rusak. Bahkan tiang penyangga papan rambu evakuasi di jalur Baturraden Timur, telah roboh.Selain itu, ditemukan beberapa papan rambu jalur evakuasi yang sebagian tulisannya telah hilang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Ariono mengatakan, banyak rambu-rambu jalur evakuasi yang telah hilang karena ulah orang tidak bertanggung jawab. "Patokan jalur pengungsian sudah dibuat dulu waktu erupsi tahun berapa itu. Melainkan memang (Sekarang) banyak patok yang hilang," kata Ariono saat dihubungi Selasa. Ariono mengatakan akan segera mengganti patokan jalur pengungsian yang rusak dan hilang. Pemasangan menunggu anggaran APBD Perubahan disahkan. "Saat seperti ini rambu jalur evakuasi sangat penting, terutama pada malam hari. Nanti kalau sudah diganti kami harap masyarakat ikut mengamankan," kata Ariono.

Beberapa tahun lalu, pemkab telah memasang ratusan rambu jalur evakuasi. Rambu-rambu tersebut dipasang di tiga wilayah kecamatan terdekat dengan lereng Gunung Slamet, yaitu Sumbang, Baturraden dan Kedungbanteng. Selain wilayah Kabupaten Banyumas, kabupaten lain yang berpotensi terdampak bencana Gunung Slamet adalah Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes.

Lokawisata di Kawasan Lereng Tetap Buka

Pihak pengelola sejumlah lokawisata yang berada di kawasan lereng Gunung Slamet wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah, memastikan tetap buka, meskipun gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa tersebut dalam status waspada.

Administratur KPH Banyumas Timur, Didiet Widhy Hidayat mengatakan, kebijakan tersebut dengan mengacu pada himbauan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Sementara Manajer Bisnis Perum Perhutani KPH Banyumas Timur Sugito meambahkan, lokawisata di kawasan lereng gunung yang masuk pengelolaaan pihaknya cukup banyak.

“Yah, itu ada Curug Air Terjun Cipendok, Wahana Pramuka, Curug Air Terjun Gomblang, Curug Air Terjun Jenggala, Curug Air Terjun Bayan, Bukit Gunung Pandang Munggang, Wisata Baturraden Adventure Forest, Hutan dan Pohon Pinus Limpakuwus. Kemudian ada lagi Damaran Forest, Kampung Kurcaci, Serang Highland, sampai Pinesan Serang,” kata Sugito.

Dia memastikan, lokawisata alam tersebut tetap dibuka untuk umum dan melakukan pelayanan sebagaimana biasa.

Terima Kasih Salam Lestari

COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Waspada Gunung Selamet Status Level 2
Waspada Gunung Selamet Status Level 2
https://1.bp.blogspot.com/-E9bYYZKo_eQ/XfIEBNY11eI/AAAAAAAAAeU/paK61TGj0e0zbbH8OPHyLjeR-Q-OSe2EACLcBGAsYHQ/s640/akurat_20180714041734_173r3s_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-E9bYYZKo_eQ/XfIEBNY11eI/AAAAAAAAAeU/paK61TGj0e0zbbH8OPHyLjeR-Q-OSe2EACLcBGAsYHQ/s72-c/akurat_20180714041734_173r3s_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/waspada-gunung-selamet.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/08/waspada-gunung-selamet.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy