Cara Mencegah Kedinginan Saat Mendaki Gunung

Mencegah Kedinginan Kita semua tahu bahwa kegiatan dialam bebas dan ketinggian, seperti mendaki gunung, memiliki resiko yang tinggi, ...

Mencegah Kedinginan
Kita semua tahu bahwa kegiatan dialam bebas dan ketinggian, seperti mendaki gunung, memiliki resiko yang tinggi, salah satunya terkena kedinginan digunung atau hipotermia. Asalnya diawali dengan kedinginan yang terus menerus. Untuk itu Jejak Pendaki punya tips agar bisa tahan dingin di atas gunung. Berikut Tips cara mengatasi dingin di gunung :

Lakukan Aklimatisasi

Dalam arti ilmiahnya Aklimatisasi ini merupakan proses suatu organisme menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Kita sebagai pendaki pun wajib melakukan proses penyesuaian tubuh terhadap lingkungan barunya yang dalam hal ini lingkungan baru yang berbeda dari yang biasa dijumpainya, perbedaan yang cukup mencolok terlebih suhu udara sekitar.

Suhu udara di Gunung akan membuat tubuh kita kaget jika kita tidak melakukan penyesuaian. Jika kaget yang terjadi maka selanjutnya tubuh kita akan terus menerus merasakan kedinginan.

Aklimatisasi sederhana untuk pendaki pemula untuk aktifitas pendakian dibawah 3600 mdpl: Melakukan peregangan sebelum pendakian, mendaki secara perlahan, jangan paksakan diri, tarik nafas panjang secara perlahan dan hembuskan, biarkan udara sekitar masuk ke tubuh dengan perlahan dan biarkan tubuh melakukan proses penyesuaian. Aklimatisasi untuk pendaki expert aktifitas pendakian diatas 4000 mdpl: Naik ke ketinggian pada siang hari, tidur di ketinggian lebih rendah di malam hari. Misal naik ke ketinggian 3600 mdpl pada siang hari lalu turun ke 3200 mdpl untuk tidur pada malam hari.

Pastikan Pakaian Kering

Pakaian yang basah akan mengakibatkan kedinginan ke tubuh kita. Hal ini juga termasuk salah satu penyebab paling sering terjadinya hipotermia. Pastikan ketersediaan pakaian kering dan hangat. Jika pakaian yang dipakai basah terkena hujan atau keringat maka segeralah ganti jika waktunya anda sudah menggelar tenda.

Minumlah Minuman yang Hangat

Minuman yang hangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah di tubuh. Dan juga memastikan sistem saraf yang sehat, yang bekerja sebagaimana mestinya. Sirkulasi darah yang lancar dan sistem saraf yang sehat membantu suhu tubuh menyesuaikan suhu sekitar.

Setelah membuka tenda untuk beristirahat, ingatkan juru masak, mereka harus tahu apa yang harus pertama kali dibuat, yaitu membuat minuman yang hangat seperti air putih hangat, anda bisa juga membuat kopi atau teh setelahnya, secangkir coklat hangat juga bagus jika ada, ini akan membuat tubuhmu kembali bertenaga.

Pastikan Perut Terisi Asupan Makanan

Mendaki gunung termasuk kegitaan aktifitas berat, untuk itu pastikan tidak ada masalah dengan urusan perut (asupan makanan). Karena dari perut yang bermasalah (kosong) maka semua aktifitas sel tubuh pun akan menurun kinerjanya. Termasuk kinerja tubuh dalam mengendalikan suhu tubuh.

Sangat dianjurkan memakan makanan yang berkalori tinggi saat mendaki gunung. Karena kalori mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Bila diibaratkan mobil, kalori ini adalah bahan bakarnya untuk bisa membuat mobil tersebut bisa berjalan.Simak Juga >> Gunung Patuha

Jangan Banyak Diamnya

Aktif dan bergeraklah! Orang yang paling banyak aktifitasnya diwaktu nge-camp biasanya tidak mudah kedinginan.

Ada orang yang sudah biasa naik gunung dengan hanya memakai kaos dan bercelana pendek disaat yang sama yang lain kedinginan ternyata dia tidak, ada juga yang menerabas tidak memakai ponco ketika hujan, saat ditanya “gak dingin tuh mas?” dia bilang “nggak.” Itu semua disebabkan karena mereka selalu bergerak. Ketika diam saja barang sejenak dingin langsung merasuk kedada.

Saya juga pernah nyaris tertidur saat istirahat diperjalanan menuju puncak di suatu gunung, ketika sadar dan terbangun saya merasakan dingin yang luarr biasaaa.

Pastikan Istirahatmu Cukup

Yang terakhir yang harus kamu pahami, ingatlah bahwa tubuh punya haknya untuk beristirahat. Jangan diforsir ketika tubuh sudah merasakan lelah, beristirahatlah, bernafaslah. Kalau diperjalanan kamu terasa lelah itu wajar, berhentilah sejenak, ambilah nafas dalam dalam dan hembuskan perlahan.

Badan yang mencapai batas lelahnya akan menurunkan tingkat keadaan dan berakhir dengan fatal saat rasa dingin datang. Jika sudah tiba waktunya bertenda jangan disiakan, pergunakan waktu istirahatmu itu dengan sebaik-baiknya.

Demikan cara mencegah kedinginan ketika mendaki gunung, semoga kalian bisa menceganya ya !


Terima Kasih Salam Lestari

COMMENTS

Name

Acara,5,Cerita Pendaki,8,Destinasi,1,Equipment,3,Info Pendakian,3,Jalur Pendakian,6,Logistik,9,News,33,Pendaki Pemula,9,SOP Pendakian,3,
ltr
item
Tapak Tilas Adventure: Cara Mencegah Kedinginan Saat Mendaki Gunung
Cara Mencegah Kedinginan Saat Mendaki Gunung
https://1.bp.blogspot.com/-FP1XcI_xgmY/XfIHG1Cv1hI/AAAAAAAAAgU/B8QeabeRehIxGiC8WktbeWSNsElwy9ptwCLcBGAsYHQ/s640/809683_720_optimized.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FP1XcI_xgmY/XfIHG1Cv1hI/AAAAAAAAAgU/B8QeabeRehIxGiC8WktbeWSNsElwy9ptwCLcBGAsYHQ/s72-c/809683_720_optimized.jpg
Tapak Tilas Adventure
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/09/mencegah-kedinginan.html
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/
https://www.tapaktilasadventure.my.id/2019/09/mencegah-kedinginan.html
true
413381342293131420
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy